Goo.gl “Produk Baru Google” Untuk Mempersingkat Alamat Situs

Mungkin anda ingat pada bulan Desember tahun lalu, Google memperkenalkan layanan URL Shortener buatan mereka sendiri yang diberi nama Goo.gl. Masalahnya Google tidak membuka akses layanan ini seperti yang biasanya diberikan layanan-layanan lain yang sama. Artinya, pengguna tidak bisa memperpendek link secara langsung, melainkan harus lewat produk-produk Google yang lain seperti Google Toolbar atau Feedburner. Saya yakin hal ini disebabkan karena Google tidak mau langsung merilis produk yang satu ini seketika tanpa melakukan pengujian yang mendalam.

Tapi kemarin, mungkin setelah selesai dengan pengujiannya, Google akhirnya merilis layanan URL Shortener ini ke kalangan umum. Anda bisa langsung menggunakannya dengan mengunjungi situs Goo.gl. Anda mungkin bertanya-tanya, dengan begitu banyaknya layanan URL Shortener lain yang memberikan fitur yang hampir sama, kenapa orang mau memakai Google punya? Google memberikan 3 jawaban: Kestabilan, Keamanan dan Kecepatan. Google yang punya infrastuktur yang bisa dibilang ‘tidak terbatas’ sudah jelas membangun layanan ini diatas ‘pondasi’ yang sama dengan produk-produknya yang lain, sehingga kestabilan bisa langsung dijamin. Untuk keamanan, Google menerangkan bahwa layanan yang satu ini memakai Filtering Engine yang juga dipakai oleh GMail untuk mendeteksi email-email Spam. Artinya kita sebagai sasaran link pendek ini (yang nge-klik) bisa punya keyakinan bahwa link asli dibalik sebuah link Goo.gl akan aman dari link yang aneh-aneh. Terakhir kecepatan, Google bilang kalau mereka selalu mengoptimasi kecepatan. Kecepatan yang kita bicarakan disini adalah waktu yang berlalu dari saat kita klik short link tersebut sampai kita dipertemukan pada link asli.

Fitur-fitur tambahan lain yang disediakan oleh Google adalah fitur Analytics. Untuk setiap short link, anda bisa lihat statistics dari short link tersebut, berapa banyak yang meng-klik link tersebut dalam satu tenggang waktu tertentu. Kemudian selain itu kita juga bisa melihat data Referrer dari mana klik tersebut berasal (bisa dari misalnya Twitter, Facebook, atau tempat-tempat lain yang bisa diidentifikasikan), dari negara mana, Browser apa yang dipakai, dan sistem operasi apa yang dipakai.

Tapi, semua data ini hanya bisa anda akses kalau anda login ke account Google anda. Untuk melihat analytics ini pun kita harus masuk ke account kita.
Untuk para developer yang suka ngutak-atik dan mungkin ingin mengintegrasi layanan ini, jangan takut, Google sedang dalam proses untuk merilis API untuk mengakses Goo.gl dari layanan pihak ketiga. Sementara itu, untuk kita-kita pengguna biasa, sambil menunggu API yang akan diluncurkan ini, bisa menggunakan plugin untuk Chrome dan Firefox.
Oya, satu lagi fitur yang bagus adalah QR Code. Google ternyata penggemar QR Code, dan untuk layanan URL shortener ini fitur QR Code juga sekaligus dimassukan. Jadi untuk setiap link ada QR Code. Anda bisa lihat sendiri di screenshot diatas. Kalau anda punya handset yang bisa mengambil dan menterjemahkan kode ini, anda bisa coba sendiri. Terlebih lagi, untuk setiap link, kita tinggal menambahkan suffix .qr, dan link tersebut akan berubah menjadi link QR Code.

sumber :http://uniqpost.com/6766/goo-gl-produk-baru-google-untuk-mempersingkat-alamat-situs-yang-anda-inginkan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: