Ditemukan 2 Varian Virus Baru Mengintai OS Android

Jakarta – Pengguna ponsel Android sebaiknya lebih waspada. Sebab, program jahat yang mengintai OS Android semakin banyak saja. Penyelidikan terbaru mendeteksi dua jenis virus sekaligus yang mengintai OS mobile besutan Google itu.

Perusahaan antivirus asal China, NetQin Mobile kembali menjadi aktor terdeteksinya dua virus baru Android ini. Pada kasus sebelumnya, NetQin mengungkap keberadaan virus MSO.PJApps yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan servernya dan bisa secara otomatis mengunduh, lalu mengistall aplikasi tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.

Kembali ke dua virus baru Android, yang pertama bernama SW.SecurePhone. Virus ini terbilang taktis dalam beroperasi. Ketika berhasil menginfeksi ia bakal langsung mencuri dan mengirimkan data yang ada di handset pengguna ke remote server yang dituju.

Tak hanya itu, jika sudah terinfeksi SW.SecurePhone, ponsel Android pengguna juga akan berjalan tanpa background alias icon-icon yang biasa meramaikan halaman depan akan lenyap seketika.

“Data-data seperti pesan, call log, rekaman suara, hingga foto yang ada di ponsel akan di-upload ke remote server setiap 20 menit,” ujar NetQin.

“Virus ini diketahui menyebar di Amerika dengan memanfaatkan internet,” imbuhnya.

Sementara Virus yang kedua bernama SW.Qieting. Secara umum, ia juga beraksi seperti SW.SecurePhone. Hanya saja yang diincar SW.Qieting lebih kepada pesan-pesan yang ada di ponsel Android pengguna.

Dan sama saja, setelah berhasil didapatkan, dikutip detikINET dari Info Security Magazine, Selasa (1/3/2011), deretan pesan tersebut selanjutnya juga akan dikirimkan ke remote server.

NetQin mengimbau agar pengguna lebih berhati-hati. Jangan sembarang mendownload aplikasi, terutama yang versi cracked. Pasalnya, program jenis ini diyakini memiliki asal usul yang tidak jelas sehingga lebih rentan untuk disusupi.

Kemudian, jangan asal membiarkan permintaan unduh atas suatu aplikasi yang tidak dikenal aplikasi apa itu dan siapa sumber yang memberi rekomendasi untuk mendownloadnya.

 

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: