10 Makanan Pemicu Serangan Jantung dan Alternatif Penggantinya

Makanan cepat saji atau JUNK FOOD sudah lama diketahui menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh, tetapi tidak banyak yang peduli bahwa makanan tersebut juga berpengaruh terhadap jantung.

Makanan ini kaya akan lemak jenuh, natrium dan kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Berikut adalah sepuluh makanan yang dapat menyebabkan serangan jantung dan apa yang harus dimakan sebagai gantinya seperti dilansir qualityhealth.com, Rabu (28/12/2011):

1. Ayam Goreng
https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/ayamgoreng-oke-mp.jpg
Makanan gorengan merupakan sumber kolesterol dan lemak, tapi ayam goreng nampaknya cukup sehat. Empat potong ayam goreng dari restoran cepat saji mengandung 920 kalori, 63 gram lemak dan 350 mg kolesterol.

Dada ayam panggang tanpa kulit adalah salah satu daging yang paling bergizi yang bisa dimakan. Mengandung 120 kalori, 1,5 gram lemak dan 70 mg kolesterol, dada ayam panggang dapat menjadi menu pengganti ayam goreng yang lezat dan penuh lemak.

2. Sosis
https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/sosis-oke-mp.jpg
Sosis dapat mendatangkan malapetaka pada arteri. Sosis Italia mengandung 22 gram lemak dengan 8 gram lemak jenuh dan 810 mg natrium tiap kali dipanggang. Gantilah dengan sosis kalkun asap yang hanya mengandung 110 kalori, 6 gram lemak dengan 1,5 gram lemak jenuh.
3. Kue Keju
https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/kuekeju-oke-mp.jpg
Kue keju banyak mengandung kalori dan asupan lemak dengan rincian 860 kalori, 57 gram lemak, dan 80 gram karbohidrat per irisan. Meskipun terlihat sangat enak, berpikirlah dua kali sebelum mulai mencomot kue ini.

Jika sangat ingin menyantap kue keju, pilihlah yang polos dengan kandungan 315 kalori, 20 gram lemak, dan 25 gram karbohidrat. Meskipun bukan pilihan yang sehat, keju polos tidak terlalu merusak jantung.

4. Steak
https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/steak-oke-mp.jpg
Sejumlah tinggi lemak jenuh dan kolesterol terkandung dalam daging merah, terutama dalam jumlah besar. Membatasi konsumsi daging sapi sirloin maupun yang mentah dapat memberikan 594 kalori, 18,5 gram lemak dengan 6,8 gram lemak jenuh, dan 191 mg kolesterol. Jika digoreng, kalorinya, kolesterol dan garamnya akan bertambah banyak.

Membatasi asupan daging sapi dapat mencegah kerusakan arteri. Filet mignon yang lebih mahal hanya mengandung 6, 7 gram lemak dengan 2,5 gram lemak jenuh dan 67 mg kolesterol. Jika Filet mignon jauh darin jangkauan harga, steak

5. Burger
https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/burger-oke-mp.jpg
Memilih burger yang salah dapat berdampak besar bagi jantung. Big Mac McDonald mengandung 540 kalori, 29 gram lemak, dan 1040 mg natrium. Bahkan hamburger buatan sendiri di rumah seberat 3 ons dengan 80 persen daging sapi yang tipis masih mengandung lemak 14,8 gram dengan lemak jenuh 5,6 gram, dan 76 mg kolesterol.

Alternatif terbaik untuk mengagnti daging sapi adalah dada kalkun sebab mengandung 120 kalori, 1 gram lemak tanpa lemak, dan 28 gram protein tiap empat ons burger. Tambahkan lada bubuk, sejumput cayenne, dan sedikit garam.

6. Pizza
https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/pizza2-ok-mp.jpg
Meskipun terlihat enak dan bersahabat, pizza tidak terlalu baik untuk jantung. Sepotong irisan pizza mengandung 9,8 gram lemak dengan 4,4 gram lemak jenuh, dan 551mg natrium. Dan lagi, kebanyakan orang tak akan hanya memakan sepotong irisan.

Pizzz dapat dibuat sendiri. Cobalah dengan meracik adonan gandum, muffin Inggris, atau pitas, lalu tambahkan saus dan keju rendah lemak untuk menciptakan alternatif yang sehat untuk seluruh keluarga.

7. Pasta
https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/pasta2-mp.jpg
Ini adalah resep klasik Italia, yaitu spaghetti dan kawan-kawannya. Hidangan pasta yang disajikan restoran-restoran memiliki tambahan 1430 kalori, 81 gram lemak dengan 41 gram lemak jenuh, dan 4540 natrium.

Jika ingin menikmati pasta, cobalah yang terbuat dari gandum. Rata-rata jenis ini hanya mengandung 197 kalori, 0.8 gram lemak, dan merupakan sumber serat.

8. Es krim
https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/eskrim2-mp.jpg
Es krim sangat digemari anak-anak, namun orang dewasa juga suka mencobanya. Satu kemasan es krim mengandung 14 gram lemak dengan 10 gram lemak jenuh, dan 22 gram gula untuk setiap ½ cangkir (sekitar dua sendok).

Pengganti es krim yang lebih sehat adalah es krim yoghurt beku dengan kandungan setengah jumlah kalori dari es krim biasa dan hanya 3 g lemak dengan kandungan lemak jenuh 2 gram.

 9. Donat
https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/donat-oke-mp.jpg
Satu Donat Krim Cokelat dipenuhi  20 gram lemak dengan 5gram lemak jenuh, 23 gram gula, dan 38 gram karbohidrat. Cobalah  havermut instan yang telah terbukti menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan metabolisme. Tambahkan beberapa buah segar untuk mengawali hari.
10. Keripik kentang
https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2011/12/28/766/keripik2-ok-mp.jpg
Satu kantong keripik kentang asin 1 ons mengandung 155 kalori, 10,6 gram lemak dengan lemak jenuh 3,1 gram, dan 149 mg natrium. Jika rata-rata setiap tahun orang Amerika memakan 112 kantong 1 ons keripik kentang, jumlah itu setara dengan tujuh pon keripik kentang per tahunnya.

Cobalah mengganti cemilan dengan roti pita dan hummus. Satu porsi pita mengandung tak lebih dari 100 kalori dan kurang dari satu gram lemak. Hummus lebih baik karena rendah lemak dan rendah kolesterol.

sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/12/28/151256/1801532/766/10-makanan-pemicu-serangan-jantung-dan-alternatif-penggantinya?l1101755

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: